umPyNq6fmDjeIVU9NhwDmLxVPpksRSqXt7n4IZeW

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Bookmark

5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Berwisata ke Bromo

5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Berwisata ke Bromo
Hal yang harus kamu siapkan sebelum ke Bromo
TanyaDigi.com – Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia. Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Gunung Bromo menawarkan pemandangan alam yang memukau, terlebih saat matahari terbit.

Tak hanya menyuguhkan keindahan alam, Gunung Bromo juga kental akan nilai budayanya. Masyarakat Hindu suku Tengger. Seperti halnya upacara Yadnya Kasada yang merupakan ritual kurban ke kawah Bromo yang digelar setahun sekali.

Bagi kamu yang ingin merencanakan liburan ke Bromo, ada baiknya kamu melakukan persiapan dengan matang. Nah, berikut merupakan beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum berkung ke Bromo.

1. Tentukan Rute dan Transportasi

Mengatur rute dan transportasi yang akan digunakan sebelum berangkat ke Bromo menjadi salah satu hal yang sangat penting. Ini dilakukan untuk memastikan agar perjalananmu dapat berjalan lancar. Kamu bisa memilih beberapa jalur menuju Bromo, seperti melalui Probolinggo, Pasuruan, atau Malang.

Tentukan rute yang paling sesuai dengan lokasimu saat ini dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Jika menggunakan kendaraan pribadi, periksa kondisi mesin, rem, ban, hingga bahan bakar.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan jasa travel atau paket wisata yang menyediakan transportasi lengkap hingga ke lokasi tujuan.

Saat ini tak sedikit travel yang menyediakan paket wisata trip Bromo. Bahkan beberapa dari mereka siap untuk menjemput wisatawan dari tempat penginapan atau beberapa tempat strategis dekat stasiun.

2. Pilih Outfit yang Tepat

Bromo terkenal dengan suhu dinginnya, terutama saat malam dan dini hari. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan outfit/pakaian yang sesuai untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

Kamu bisa membawa outer atau aksesoris seperti jaket tebal, syal, topi, hingga sarung tangan. Selain itu, gunakan sepatu yang nyaman dan anti-slip untuk kenyamanan saat berjalan di medan yang berpasir dan berbatu. Pakaian berlapis juga direkomendasikan agar kamu bisa menyesuaikan dengan perubahan suhu sepanjang hari.

3. Jangan Lupa Bawa Kamera atau Sewa Fotografer

Tak lengkap rasanya apabila kamu berkunjung ke suatu destinasi wisata tanpa membawa kamera atau mengajak seorang fotografer. Bromo sendiri menawarkan pemandangan yang menakjubkan, mulai dari sunrise hingga pemandangan kawah yang yang memukau.

Apabila beruntung, kamu bisa menikmati keindahan lautan awan Bromo di pagi hari. Jadi, jangan lupa membawa kamera dan pastikan baterai smartphone penuh untuk mengabadikan momen indah selama kamu berada di kawasan Bromo.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan tripod dan lensa tambahan juga bisa menjadi pelengkap yang bagus untuk mengambil foto dalam kondisi cahaya yang rendah atau untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih menarik.

4. Bawalah Makanan Ringan dan Minuman

Hal yang tak kalah penting berikutnya adalah pastikan kamu mempersiapkan konsumsi seperti membawa makanan ringan dan minuman. Ini penting untuk menjaga energi agar kamu tetap dalam kondisi prima selama berwisata di kawasan Bromo.

Di kawasan Bromo, warung atau toko yang menyediakan makanan mungkin tidak selalu tersedia, terutama jika kamu berada di area yang lebih terpencil.

Minimal kamu harus membawa makanan ringan seperti roti, buah, atau snack yang mudah dibawa dan dikonsumsi. Air minum juga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama jika kamu berencana untuk melakukan pendakian atau trekking.

5. Gunakan Pelindung Diri dari Cuaca

Terkadang Bromo memiliki cuaca yang bisa sangat ekstrim, mulai dari angin kencang hingga panasnya terik sinar matahari. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa pelindung diri seperti kacamata hitam, topi, masker, dan sunblock.

Kacamata hitam dan topi akan sangat berguna melindungi mata dan kepala dari sinar matahari langsung, sementara masker berguna untuk melindungi dari debu dan bau belerang yang mungkin terhirup di sekitar kawah.

Sunblock juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh kamu lupakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan, terutama jika kamu beraktivitas di luar ruangan selama berjam-jam.

Jadi, itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum berwisata ke Gunung Bromo.

Posting Komentar

Posting Komentar